Bagaimana Cara Tidur Yang Benar

Share on :

Bagaimana Cara Tidur Yang benar ? Tentu saja cara tidur yang benar sangat penting untuk menjaga kondisi fisik seseorang, dengan cara tidur yang benar berdampak pada kualitas istirahat, dengan kualitas istirahat yang cukup bagi badan akan menjadi sehat, sehingga segala aktifitas akan berjalan normal. Lalu Bagaimana Cara Tidur Yang Benar itu ?


Gangguan tidur adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat terjadi pada siapa saja. Kurang tidur tidak hanya membuat Anda mengantuk dengan mudah, tetapi juga mempengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Jadi apa yang harus dilakukan?
Langkah pertama adalah untuk membentuk suatu rutinitas sehat sebelum tidur. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk membuat pikiran dan tubuh untuk rileks sehingga membantu membawa Anda untuk tidur lebih nyenyak dan sehat:

A. Bersantai sebelum tidur

Beri waktu tubuh Anda untuk rileks minimal 30 menit sebelum tidur. Matikan televisi, komputer, video game, atau apapun yang bisa merangsang Anda untuk bergerak. Biarkan pikiran Anda untuk beralih dari modus kerja ke modus tidur. Jauhkan segala bentuk barang elektronik, seperti ponsel atau i-phone, dari tempat tidur Anda.

2. Makan, minum, dan memelihara sehat

Tubuh Anda adalah seperti mesin besar yang memerlukan asupan makanan dan minuman untuk metabolisme. Hindari makan besar di malam hari. Makan lebih awal dan menghindari makanan berlemak atau makanan yang dapat mengganggu tidur Anda.

Untuk mendapatkan tidur malam yang baik, membatasi konsumsi alkohol. Alkohol dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, tetapi justrru mengurangi kualitas tidur dan membuat Anda bangun di pagi hari dengan mulut kering dan sakit kepala.

Potong kafein. Beberapa orang umumnya akan memiliki masalah dengan gangguan tidur karena efek konsumsi kafein. Seperti diketahui, efek dari kafein akan terus bekerja dalam tubuh seseorang selama sepuluh jam. Ganti dengan air atau teh setelah makan siang.

Merokok juga dapat menyebabkan masalah tidur gangguan. Berarti kandungan nikotin dalam rokok adalah stimulan yang dapat membuat Anda terjaga lebih lama.

3. Bersantai

Jika Anda merasa sulit untuk mengatasi stres, cobalah untuk melakukan rutinitas yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks, misalnya, rendam dalam air hangat atau minum segelas susu hangat. Lakukan teknik relaksasi bernafas sedikit peregangan atau mendalam sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Matikan lampu untuk menginduksi produksi melatonin, suatu hormon yang membantu Anda untuk tidur.

4. Atur jadwal tidur

Anda mungkin tidak begitu sedikit lagi bahwa Anda dapat mengatur kapan harus tidur dan bangun tidur. Namun, jadwal tidur adalah penting. Idealnya, setiap orang harus dapat menentukan kapan harus tidur. Dengan memiliki jadwal tidur yang teratur, tubuh Anda akan terbiasa untuk tidur tepat waktu. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur lebih awal sehingga tubuh Anda dapat beristirahat lebih lama. Apa efeknya? Ketika terjaga, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan energik.

5. Hindari tidur siang terlambat

Hati-hati dengan waktu tidur siang Anda. Meskipun tidur siang dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang atau mengejar ketinggalan pada tidur, tetapi jika Anda tidur siang terlambat, Anda mungkin akan mengalami kesulitan tidur di malam hari.

6. "Clean" pikiran Anda

Bersihkan segala macam pikiran di dalam pikiran Anda sebelum memutuskan untuk pindah ke tempat tidur. Bagaimana cara? Ambil selembar kertas dan menuliskan semua masalah dan isu yang sedang Anda alami, seperti pekerjaan yang berhubungan dengan masalah, konflik dengan seseorang, atau masalah keuangan. Jangan lupa untuk menuliskan setidaknya tiga hal yang dapat membuat Anda merasa bersyukur.

7. Gunakan aroma terapi

Aromaterapi minyak seperti chamomile, juniper, lavender, marjoram, mawar dan cendana, memiliki efek sedatif (menenangkan) ketika dihirup. Gosokkan sedikit aroma terapi di bagian dalam pergelangan tangan atau di kuil, dan kemudian bernapas bau untuk membuat kamu melayang ke alam mimpi.

1 comments:

Prince Anonymous said... October 21, 2014 at 8:58 PM

wah, berguna sekali artikelnya gan :) thx udah share gan :D

Post a Comment and Don't Spam!