Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Share on :

Sebanyak 90% beban tubuh menempel dan disangga oleh tulang. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Bayangkan jika Anda mengalami keropos tulang lalu terjatuh dan tulang Anda patah, tentu hal ini sangat tidak Anda inginkan.

Tulang yang menjadi pilar utama tubuh juga berfungsi melindungi jantung, paru-paru, otak, dan organ penting lainnya dari luka akibat benturan. Ada fakta yang menyebutkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan tulang hanya terjadi sampai usia 20 tahun. Mulai 30 tahun, proses pertumbuhan tulang akan menurun. Fakta inilah yang sering ditekankan oleh para ahli medis tulang agar kita serius menjaga kesehatan tulang, salah satunya dengan cara menabung kalsium.

Tulang merupakan jaringan yang hidup sangat dinamis dan akan selalu mengalami proses perusakan dan pembentukan kembali. Penyebab berkurangnya massa tulang juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik dan olahraga teratur. Orang yang berolahraga secara teratur akan memiliki tulang yang lebih kuat daripada yang tidak berolahraga.

Tulang juga harus memperoleh nutrisi agar berfungsi dengan baik. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tulang adalah kalsium (mineral yang membentuk tulang). Pertumbuhan tulang hanya sampai usia 35 tahun, setelah itu tabungan kalsium akan diambil oleh tubuh. Saat inilah Anda membutuhkan kalsium untuk menghindari keropos tulang akibat berkurangnya kalsium pembentuk tulang.

Tidak perlu khawatir tubuh Anda akan kelebihan kalsium. Di usia produktif ini, kelebihan kalsium akan ditabung dalam tulang. Setelah lewat usia 35 tahun, kalsium yang tidak lagi bisa disimpan di dalam tulang akan dibuang melalui air seni. Fakta ini juga yang mendorong kita agar rajin menabung kalsium di usia produktif agar kalsium tidak dibuang tapi disimpan dalam tulang supaya tulang kita tetap kuat di masa senja.

Dari mana kita mendapatkan kalsium? Banyak jenis makanan yang ada di pasaran mengandung kalsium yang baik bagi tulang kita antara lain:

1. Keju –> cukupi kebutuhan kalsium tubuh Anda dengan mengkonsumsi 40 gram keju per hari.
2. Suplemen kalsium –> akan efisien diserap tubuh jika diminum dalam jumlah 500 mg atau kurang.
3. Susu –> merupakan sumber kalsium yang paling banyak dikonsumsi.
4. Ikan –> ikan sarden atau ikan lainnya yang dimakan bersama tulangnya.
5. Sayuran berdaun hijau gelap –> bayam, pak choy, kangkung, dan lain-lain.

tags: Manfaat kalsium, menabung kalsium untuk masa depan, sumber kalsium, kesehatan tulang, osteoporosis.
Crystal X

Be the first to like this post.

0 comments on Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang :

Post a Comment and Don't Spam!